Siklus Batuan

Jumat, 31 Oktober 2008

FOTO-FOTO

PLTD APUNG, NAD

Gambar ini diambil pada sore hari di daerah Punge. Daerah ini merupakan salah satu dari banyak daerah di aceh yang dilanda tsunami. Kapal PLTD apung ini merupakan saksi bisu betapa dahsyatnya gelombang yang menghantam pesisir aceh ini. Tsunami (bahasa Jepang: 津波; secara harafiah berarti "ombak besar di pelabuhan") adalah sebuah ombak yang terjadi setelah sebuah gempa bumi, gempa laut, gunung berapi meletus, atau hantaman meteor di laut. Tenaga setiap tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. Dengan itu, apabila gelombang menghampiri pantai, ketinggiannya meningkat sementara kelajuannya menurun. Gelombang tersebut bergerak pada kelajuan tinggi, hampir tidak dapat dirasakan efeknya oleh kapal laut (misalnya) saat melintasi di laut dalam, tetapi meningkat ketinggian hingga mencapai 30 meter atau lebih di daerah pantai. Tsunami bisa menyebabkan kerusakan erosi dan korban jiwa pada kawasan pesisir pantai dan kepulauan.

Mendukung Materi Objek Geografi serta Laut dan Pesisir Kelas X dan XI


Pelabuhan Krueng Raya, NAD

Foto ini merupakan pelabuhan transportasi barang yang terletak di Krueng Raya NAD. TRANSPORTASI laut berperan penting dalam dunia perdagangan internasional maupun domestik. Transportasi laut juga membuka akses dan menghubungkan wilayah pulau, baik daerah sudah yang maju maupun yang masih terisolasi. Sebagai negara kepulauan (archipelagic state), Indonesia memang amat membutuhkan transportasi laut. Perkembangan transportasi laut di Indonesia sampai saat ini masih dikuasai oleh pihak asing. Di bidang transportasi laut, Indonesia ternyata belum memiliki armada kapal yang memadai dari segi jumlah maupun kapasitasnya.

Mendukung Materi Antroposfer Kelas XI




Galian Kapur, Ujong Batee, NAD

Foto ini merupakan salah satu potensi batuan yang terdapat di daerah NAD. Galian ini merupakan formasi batuan gamping yang terdapat di pesisir NAD. Batuan gamping lebih di kenal dalam dunia keilmuan dengan sebutan karst. Batu gamping merupakan salah satu dari jenis batuan sedimen. Karst sendiri merupakan proses pelarutan dari cangkang hewan-hewan laut yang telah mati jutaan tahun yang lalu. Daerah karst yang hampir mencapai 20% dari total wilayah Indonesia memiliki berbagai keunikan yang apa adanya. Di dalamnya terdapat potensi-potensi yang senantiasa menunggu pemanfaatannya. Selain itu, terdapat pula berbagai sumberdaya baik hayati maupun non hayati yang memiliki nilai strategis yang tinggi bagi manusia, flora, fauna dan perkembangan ilmu khususnya kebumian.

Mendukung materi Sumber Daya Alam Kelas XI




Hutan Mangrove, Pasir Putih, NAD

Foto mangrove ini di ambil pada salah satu pantai di daerah Nanggroe Aceh Darussallam. Mangrove adalah komunitas vegetasi/tumbuhan pantai tropis yang mampu menyesuaikan diri dan tumbuhan di daerah berlumpur atau daerah tergenang pasang-surut. Secara umum mangrove adalah tanaman perdu yang tumbuh di bawah tingkat pasang tinggi. Pohon mangrove hidup dalam suatu komunitas pada suatu kawasan sehingga sering orang menyebut hutan Mangrove .
Mangrove banyak ditemukan ditepi pantai, teluk yang dangkal, esturia, delta dan daerah pantai yang terlindung.

Mendukung Materi Biosfer Kelas XI




Pesisir Pantai Barat Meulaboh

Foto ini merupakan daerah pesisir aceh yang terdapat pada jalan antara Banda Aceh dan Meulaboh. Kawasan pesisir merupakan bagian dari Daerah yang menjadi batas antara wilayah laut dengan daratan. Kawasan ini sangat kompleks dengan berbagai isu dan permasalahan yang memerlukan penanganan yang komprehensif dengan strategi khusus dan terpadu. Selama ini kawasan pesisir belum mendapat perhatian yang cukup serius baik dari pemerintah, masyarakat maupun pihak ketiga dalam pengelolaannya. Sehingga belakangan ini baru dirasakan berbagai permasalahan yang muncul tentang kawasan pesisir.

Mendukung materi Laut dan Pesisir Kelas X




0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda