Siklus Batuan

Kamis, 30 Oktober 2008

TUGAS UTS MPG

TEUKU AHAMAD HIDAYAT
0705508
KODE SOAL 09
1. Mengapa media pembelajaran memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuannya ? Media pembelajaran memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuannya dikarenakan media bisa dikatakan sebagai perluasaan dari peran seorang guru. Jadi ketika sang anak berada di rumah, dia juga bisa belajar seperti di sekolah dengan bantuan media tersebut. Anak-anak yang mempunyai kecakapan dan bakat serta kemampuan khusus dapat lebih mengembangakan bakatnya tersebut tanpa harus mengikuti bab-bab yang kurang dia minati, jadi media tersebut dapat menjadi penuntun bagi sang anak untuk mengembangkan kemampuannya tersebut. Media tersebut juga membuat anak lebih mandiri karena setiap anak dapat memaksimalkan waktunya kapan pun untuk belajar.
Mengapa penggunaan media pembelajaran dapat memperpendek waktu pelaksanaan pembelajaran ? Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. Pembelajaran melibatkan dua pihak, yaitu siswa sebagai pembelajar dan guru sebagai fasilitator. Kaitannya bahwa belajar membutuhkan interaksi, hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran merupakan proses komunikasi, artinya didalamnya terjadi proses penyampaian pesan dari seseorang (sumber pesan) kepada seseorang atau sekelompok orang (penerima pesan). Pesan yang dikirimkan biasanya berupa informasi atau keterangan dari pengirim (sumber) pesan. Pesan tersebut diubah dalam bentuk sandi-sandi atau lambing-lambang seperti kata-kata, bunyi-bunyi, gambar dan lain sebagainya. Melalui saluran (channel) seperti radio, televise, OHP, film, pesan diterima oleh si penerima pesan melalui indera (mata dan telinga) untuk diolah, sehingga pesan disampaikan oleh penyampai pesan dapat diterima dan dipahami oleh si penerima pesan. Media dapat memperpendek waktu pembelajaran dikarenakan media tersebut dapat mengefektifkan materi-materi yang akan disampaikan. Sang anak dapat membuka-buka sandiri meteri-materi yang akan disampaikan tidak hanya di dalam kelas saja tetapi juga di rumah dan dimana saja. Kehadiran media pembelajaran juga membua penerimaan anak terhadap materi yang akan disampaikan dapat lebih mudah dan efisien. Agar tercapai suatu system yang odeal dalam pembelajaran System adalah suatu totalitas yang terdiri dari sejumlah komponen atau bagian yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Pembelajaran dikatakan sebagai sebuah system karena didalamnya mengandung komponen yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Apakah peranan guru masih diperlukan jika media telah hadir didalam kelas ? Peranan guru juga sangat vital dalam penggunaan media, dikarenakan guru lah yang bertindak sebagai operator awal untuk selanjutnya siswa yang akan mennggantikan guru tersebut menggunkan media pembelajarannya.
3. Dalam memilih media ada alasan praktis Familiarity. Jelaskan apa maksudnya? Pengguna media pembelajaran memiliki alasan pribadi mengapa ia menggunakan media, yaitu kareana saudah biasa menggunakan media tersebut, merasa sadah mengusai media tersebut jika menggunakan media lain belum tentu bisa dan untuk mepelajarinya membutuhkan waktu, tenaga dan biaya, sehingga terus menerus ia menggunakan media yang sama. Misalnya seorang dosen yang saudah biasa menggunakan media OHP, pasti dosen tersbut akan terus memakai OHP tersebut dalam proses pembelajarannya, hal ini dikarenakan dosen tersebut selalu menggunkan media OHP ini dalam proses pembelajrannya.
4. Jelaskan media yang cocok untuk pembelajaran tentang biosfer ? Biosfer adalah adalah bagian luar dari planet Bumi, mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung. Dalam pengertian luas menurut geofisiologi, biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antarmereka, termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) Bumi. Bumi hingga sekarang adalah satu-satunya tempat yang diketahui yang mendukung kehidupan. Biosfer dianggap telah berlangsung selama sekitar 3,5 milyar tahun dari 5,5 milyar tahun usia Bumi. Dengan memperhatikan hal tersebut siswa harus di bawa mengikuti pelajaran tersebut dengan cara menggunakan media sperti film dan power point yang berisikan fenomena-fenomena tersebut tetapi lebih pada visualisasinya

5. Kriteria pemilihan media harus sesuai dengan karakteristik siswa. Mengapa?Kriteria pemilihan media:
1. Kriteria pertama, kesesuaian dengan tujuan (instructional goals). Perlu dikaji tujuan pembelajaran apa yang ingin dicapai dalam suatu kegiatan pembelajaran. Dengan tujuan ini dapat dianalisis media apa yang dapat dipergunakan.
2. Kriteria kedua, kesesuaian dengan pembelajaran (instructional content). Bahan atau kajian yang akan diajarkan dalam program pembelajaran tersebut dapat menentukan media yang dipergunakan.
3. Kriteria ketiga, kesesuaian dengan karakteristik pebelajar atau siswa. Dalam hal ini media haruslah familiar dengan karaktreistik siswa atau guru, yaitu mengkaji sifat-sifat dan cirri media yang digunakan.
4. Kriteria keempat, kesesuaian dengan teori. Media yang dipilih bukan karena fanatisme guru terhadap suatu media yang disukai atau bagus, namun yang memiliki fungsi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran.
5. Kriteri kelima, kesesuaian dengan gaya belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian media harus didasarkan atas kondisi psikologis siswa. Ada siswa yang mudah memahami tipe visual, auditif, dan sebagainya.
6. Kriteria keenam, kesesuian dengan kondisi lingkungan, fasilitas pe ndukung, dan waktu yang tersedia. Bagus atau tidaknya sebuah media didukung oleh fasilita dan waktu yang tersedia agar lebih efektif.


6. karena setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda. Siapakah sasaran didik yang akan menggunakan media? bagaimana karakteristik mereka, berapa jumlahnya, bagaimana latar belakang sosialnya, apakah ada yang berkelainan, bagaimana motivasi dan minat belajarnya? dan seterusnya. Apabila kita mengabaikan kriteria ini, maka media yang kita pilih atau kita buat tentu tak akan banyak gunanya. Mengapa? Karena pada akhirnya sasaran inilah yang akan mengambil manfaat dari media pilihan kita itu. Oleh karena itu, media harus sesuai benar dengan kondisi mereka. Bagaimana karakteristik media tersebut? Apa kelebihan dan kelemahannya, sesuaikah media yang akan kita pilih itu dengan tujuan yang akan dicapai? Kita tidak akan dapat memilih media dengan baik jika kita tidak mengenal dengan baik karakteristik masing-masing media. Karena kegiatan memilih pada dasarnya adalah kegiatan membandingkan satu sama lain, mana yang lebih baik dan lebih sesuai dibanding yang lain. Oleh karena itu, sebelum menentukan jenis media tertentu, pahami dengan baik bagaimana karaktristik media tersebut. Dengan mempertimbangkan hal yang demikian kita dapat menyesuaikan media pembelajaran tersebut sesuai karakteristik siswa tersebut.


7. Apakah setiap pokok bahasan dalam geografi perlu media pembelajaran ? Pada umumnya di dalam kelas guru melakukan banyak kegiatan yang merupakan bagian dari siasat pengajaran. Guru sering kali berfungsi sebagai pemberi motivasi, penyaji informasi, pemimpin latihan dan penguji. Guru membuat keputusan yang mempengruhi seluruh kelas maupun setiap siswa.
Apabila seorang guru mengajarkan bahan pengajaran mengenai setiap pokok bahasan kepada siswa-siswanya, ia harus mengadakan persiapan terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar mengajar dapat berjalan lancar sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai.
Bahan atau materi pengajaran yang pertama merupakan bahan pengajaran yang seluruhnya dapat dipelajari sendiri oleh siswa. Dalam setiap bahasan geografi diharapakan adanya medaia dikareanaka ilmu yang dipelajari dalam geografi kebanyakn menerangkan objek-objek yang ada di lapangan jadi untuk lebih membantu pemahaman siswa akan ilmu tersebut maka perlu adanya visualisasi yang dapat menambah minat siswa tersebut
8. Bagaimana agar di setiap sekolah para guru memperhatikan pentingnya media? Untuk itu diperlukan peran aktif dari dinas pendidikan untuk mengadakan pelatihan-pelatihan guna menunjang kemampuan guru dalam hal menguasi berbagai macam media pembelajaran, jika hal ini sudah diakukan maka dengan sendirinya akan tumbuh dibenak masing-masing guru akan pentingnya media pembelajaran guana menyuukseskan proses belajar mengajar di sekolah

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda